oleh

PT PMBN Serahkan Satu Unit Kapal Kecil untuk MPA Rantau Baru Riau

Pelalawan, Akuratnews.com – Sebagai wujud patisipasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA), pihak PT. Pusako Megah Bumi Nusantara (PMBN) menyerahkan satu unit kapal jenis boat pompong kepada Masyarakat Peduli Api (MPA) di Desa Rantau Baru. Kegiatan itu diselenggarakan di Desa Rantau Baru Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau, pada Rabu (29/01/20).

Acara itu dihadiri Camat Pangkalan Kerinci Dodi Syahputra, SSTP, kepala Desa Rantau Baru Nazwir Alam, manager PT. Pusaka Megah Bumi Nusantara (PMBN) Bedian Satria didampingi wakil Humas Samrin Nanda, Kepala Satuan Polisi (Kasatpol) Air Inspektur YP Aritonang, Kapolsek Pangkalan Kerinci AKP Novaldi didampingi oleh Kanit Binmas Iptu Burhan, ketua BPD Khairul Salim, dan Sekdes Rudi Hartono, sejumlah anggota MPA Desa Rantau Baru yakni, Edi Kurniawan, Muhammad Hendra, dan Budi Albakri selaku leader, para tokoh masyarakat Desa Rantau Baru, tokoh agama, tokoh pemuda dan segenap jajaran perangkat Desa Rantau Baru serta seluruh warga.

Penyerahan kapal tersebut merupakan reward karena sepanjang tahun 2018 hingga 2019 tidak terjadi insiden kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) di Desa Rantau Baru Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau.

Manager PT. Pusako Megah Bumi Nusantara (PMBN) Bedian Satria dalam sambutan mengungkapkan, “Pemberian reward ini sudah berjalan selama tiga tahun berturut”, ujarnya. Budiman Satria menambahkan, “Sebahai penghargaan atas program¬†bebas api di Desa Rantau Baru maka, dibelikan pompong yang juga bisa dipergunakan untuk kebutuhan lain oleh masyarakat”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor (KAPOLSEK) Pangkalan Kerinci Ajun Komisaris Polisi (AKP) Novaldi Novaldi, pada kesempatan itu juga menjelaskan bahwa, Ajun Komisaris Polisi itu menjelaskan bahwa Desa Rantau Baru merupakan wilayah rawan kebakaran karena memiliki lahan gambut yang luas. Dia membahkan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Propinsi Riau, pada pada tahun 2020 diperkirakan kemarau panjang akan melanda wikayah itu selama tuju bulan.

Karena itu Novaldi mengimb masyrakat untuk ikut menjaga hutan dengan memaksimalkan pemanfaatan fasilitas yang suda ada. Tujuan supaya berkomitmen menjaga terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sebutnya.

“Reward ini diberikan oleh pihak perusahaan untuk bisa bersama-sama menjaga Karhutla”, tutur Novaldi. Dia juga juga menghimbau masyarakat untuk sama-sama tidak membakar lahan, “Jika ditemukan orang yang melakukan pembakaran hutan dan lahan, wajib ditangkap”, tegasnya.

Sedangkan Camat Pangkalan Kerinci Dodi Syahputra menyampaikan, “Tahun 2018 Desa Rantau Baru tidak ada Karlahut sehingga pada tahun 2019 mendapat reward dari Kecamatan sebesar Rp 100 juta” ungkapnya.

Dana reward itu kata Dodi, digunakan untuk membeli peralatan taktis penangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Rantau Baru. “Masyarakat membelikan boat pompong untuk dipergunakan mencegah Karlahut. Kiranya reward ini menjadi pemacu semangat masyarakat dan MPA untuk mencegah terjadinya Karhutla”, tuturnya.

Sementara itu, kepala Desa Rantau Baru Nazwir Alam dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota MPA yang telah menjaga desa Rantau Baru dari Karlahut. Naswir juga mengajak seluruh masyarakat agar lebuh semangat dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Desa Rantau Baru itu.

Atas nama pemerintah Desa Rantau Baru, Naswir mengucapkan terimakasih krpada pihak dari PT. PMBN atas sumbangan satu unit kapal boas itu.

Dengan adanya penyerahan boat pompong ini yang nantinya dikelola oleh anggota MPA, dapat menjadi sebagai tambahan armada bagi anggota MPA dalam mendukung operasional di lapangan. Saya berharap, boat pompong ini dijaga dan dirawat dengan baik segengga memiliki manfaat yang berkelanjutan”, ucapnya.

Terpantau, usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda peresmian 3 unit boat pompong mesin diesel dan satu unit pompong mesin Robin oleh Camat Pangkalan Kerinci. Diteruskan dengan penyerahan boat pompong oleh Pj Kades Nazwir Alam kepada Budi Albakri selaku leader MPA Desa Rantau Baru. (PP)

Komentar

News Feed